×

Warning

JLIB_APPLICATION_ERROR_COMPONENT_NOT_LOADING

Error loading component: com_contact, Component not found

Sejak tiga tahun  terakhir ini Pemerintah Kota Kupang sedang berupaya Kota Kupang menuju Kota Layak Anak (KLA), dalam Kota Layak Anak masyarakat dan pemerintah didorong untuk memenuhi seluruh Hak Anak, mulai dari hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi. Dalam Kota Layak Anak semua semua pelayanan publik yang berkaiatan dengan anak mesti memberikan pelayanan yang Ramah Anak, sehingga anak-anak yang menerima pelayanan tersebut anak harus merasa aman, nyaman dan gembira.
 



Salah satu upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Pasir Panjang  untuk memberikan pelayanan yang Prima kepada pengguna layanannya adalah mereformasi diri dengan menjalankan paket kegiatan Reformasi Puskesmas yang didukung oleh AIPMNH – AUSAID.  Salah satu Inovasi dalam kegiatan Reformasi Puskesmas di Puskesmas Pasir Panjang adalah menyediakan Pojok Ramah Anak, dimana di pojok ramah anak tersebut disediakan khusus bagi anak-anak yang datang ke Puskesmas untuk bermain.
 

Di pojok ini disediakan karpet dan alat permainan anak yang bisa digunakan anak-anak sambil menunggu giliran mendapatkan pelayanan. Pojok Ramah Anak ini juga ditata dengan poster dan pajangan yang  membuat anak-anak betah untuk bermain di pojok tersebut. Setelah selesai kegiatan pelayanan pojok ini akan dirapikan oleh staf Puskesmas.
Selain itu poli anak juga ditata dengan poster berupa tokoh-tokoh kartun yang bisa membuat anak tidak katakutan saat menerima layanan di Poli Anak. Selain itu akan disediakan boneka tangan bagi tenaga kesehatan di Poli Anak, sehingga saat mereka melayani anak mereka bisa menggunakan boneka tersebut untuk membuat anak merasa nyaman saat mendapatkan layanan kesehatan.

 



Inovasi ini membuat masyarakat merasa mendapatkan perhatian yang baik dari Puskesmas Pasir Panjang dan medorong masyarakat untuk membawa anaknya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Selain itu seperti ini sangat mendukung kegiatan pemerintah untuk menjadikan Kota Kupang menjadi Kota ramah Anak. (Zainal Asikin – Mentor Refoormasi Puskesmas Kota Kupang).

Artikel Terkait :
Anak dan Korupsi
Positive Discipline, mendisiplinkan anak tanpa teriakan dan pukulan