Pembangunan daerah merupakan tanggungjawab pemerintah daerah, sesuai konsep otonomi daerah. Pemberian hak otonomi dimaksud untuk memberikan  keleluasaan  bagi  pemerintah  daerah  agar  dapat  menggali  sumber  - sumber  keuangan  daerah  sendiri  guna  membiayai  pelaksanaan  pembangunan, sehingga dapat mengoptimalkan sumber daya alam atau menggali potensi-potensi daerah tersebut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan rumusan prioritas pembangunan yang diamanatkan oleh Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Kupang  untuk periode pembangunan 2007-2025, telah dipilih pendekatan motivasi kepada seluruh pemangku kepentingan untuk membangkitkan komitmen bahwa keberhasilan pembangunan tidak hanya merupakan tanggung jawab Pemerintah semata tetapi merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat Kota Kupang
    Langkah konkrit untuk mewujudkan hal tersebut dilakukan dengan memprioritaskan program-program pembangunan yang diwujudkan dalam “Panca Program” berikut : Penanggulangan Kemiskinan dan pengurangan pengangguran, Peningkatan Pelayanan Publik dan Supremasi Hukum, Peningkatan kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan, Peningkatan kualitas infrastruktur dan penataan ruang kota, Peningkatan kesejahteraan sosial serta kesetaraan dan keadilan gender. Melalui Panca Program tersebut, merupakan langkah konkrit untuk menjadikan Kupang Kota KASIH (Karya, Aman,  Sehat, Indah dan Harmonis)
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Kupang Tahun 2013-2017 merupakan penjabaran visi, misi serta program Walikota dan Wakil Walikota, yang memuat arah kebijakan, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), program lintas SKPD, rencana kerja dalam kerangka regulasi yang bersifat indikatif dan rencana kerja dalam kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.  RPJMD 2013-2017 selanjutnya menjadi pedoman bagi SKPD dalam menyusun Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (RENSRA-SKPD). RPJMD akan dijabarkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang akan menjadi pedoman dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD).
Dalam Dokumen tersebut, juga digambarkan tentang kondisi Kota Kupang periode sebelumnya, baik dari sisi ekonomi, dukungan keuangan daerah, potensi daerah yang tentunya akan dijadikan  rujukan awal untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam perencanaan lima tahun kedepan. Adapun yang menjadi harapan Pemerintah Kota Kupang yang tertuang dalam Visi adalah periode 2013-2017 adalah MEWUJUDKAN KOTA KUPANG SEBAGAI  KOTA BERBUDAYA, MODERN, PRODUKTIF DAN  NYAMAN YANG BERKELANJUTAN sedangkan upaya untuk menwujudkan Visi tersebut tercermin pada 5 Misi yang diemban yaitu :

Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat
Pembangunan diarahkan pada Peningkatan Kemampuan Perekonomian Daerah yang didukung dengan Penguatan Modal Usaha bagi pembukaan lapangan kerja dan peluang usaha masyarakat berbasis pada Potensi unggulan daerah.

Mewujudkan SDM dan Masyarakat Kota Kupang yang Berkualitas 
Pembangunan diarahkan pada peningkatan Kualitas SDM yang memiliki tingkat pendidikan dan derajat kesehatan yang tinggi serta berbudaya.

Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik dan Penegakan Supremasi Hukum, Pembangunan diarahkan pada penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih  sehingga mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat disertai dengan penegakan supremasi hukum dan hak asasi manusia.

Mewujudkan Tata Ruang Wilayah dan Infrastruktur Perkotaan yang Berkelanjutan.
Pembangunan diarahkan pada peningkatan pemanfaatan tata ruang dan pembangunan infrastruktur dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan tetap memperhatikan konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat
Pembangunan diarahkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang memiliki kehidupan yang layak, terpenuhinya kebutuhan dasar dengan titik berat pada penanggulangan kemiskinan, penangganan penyandang masalah kesejahteraan sosial, pengarustamaan gender, perlindungan anak serta mitigasi bencana.

Perwujudan Visi dan Misi Kota Kupang periode 2013-2017 tentu merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Dibutuhkan kerja keras dari kita semua sebagai warga Kota Kupang, bentuk partisipasi dari masing-masing kita sangat dibutuhkan demi terwujudnya cita-cita kita bersama.

Bukan Facebooker..?? Tulis Komentar anda disini


Security code
Refresh